Senin, 19 Desember 2016


Strategi Meningkatkan Daya Menyimak
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Matakuliah Keterampilan Menyimak Dosen Pengampu : Haerudin, M.Pd









Disusun Oleh :

Dewi lailatul khusna

  Kelas : A3







Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
2016




KATA PENGANTAR
Puji  syukur kehadirat Allah SWT , atas segala nikmat dan karunianya shalawat serta salam tak lupa kami junjungkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, karena dengan rahmat-Nya kami dapat  menyelesaikan makalah Keterampilan Menyimak , sehingga makalah ini dapat kami susun hingga selesai.
Dalam  pembuatan makalah ini kami akan membahas tentang (strategi meningkatkan daya menyimak).Tujuan dari pembuatan Makalah ini selain sebagai kewajiban membuat makalah ‘’Keterampilan Menyimak’’ yang telah diberikan oleh dosen, juga bisa sebagai bahan acuan dalam pembelajaran.
Dalam menyusun makalah ini,saya  tidak mengalami kesulitan dan hambatan. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang bersangkutan dalam pembuatan makalah ini sehingga dapat diselesaikan dengan baik. Makalah ini sangatlah jauh dari kata sempurna oleh karena itu kritik dan saran sangat saya harapkan  demi sempurnanya makalah ini.
Terima kasih kepada seluruh elemen yang telah berpartisipasi dalam proses pembuatan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengalaman,serta peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua . 



07 November 2016                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  











                                                                                                                               
BAB 1
 PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Betapa penting peran menyimak dalam kehidupan sehari-hari,kiranya tidak perlu diragukan lagi. Dalam kehidupan sehari hari manusia selalu diharapkan pada berbagai kesibukan menyimak. Apalagi dalam era globalisasi seperti ini, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat dituntut untuk mampu menyimak berbagai informasi dengan cepat dan tepat. Kegiatan menyimak ini perlu juga dipahami oleh calon pengajar untuk memudahkan proses ngajar mengajar nantinya.
Oleh karena itu sangatlah wajib bagi calon pengajar mengetahui dan mempelajari tentang strategi menyimak. Jadi menyimak memegang peranan penting setelah itu barulah keterampilan berbicara,membaca,dan menulis. Dalam proses belajar mengajar, menyimak sering diabaikan karena tanpa diajarkan pun keterampilan ini dilakukan. Sebenarnya apabila kita memahami strategi menyimak, apapun yang dilakukan tampaknya selalu ada proses menyimaknya. Kenyataan ini terjadi didalam sektor kehidupan.
Melalui proses menyimaklah seseorang mengenal konsep segala informasi baik berupa ilmu pengetahuan maupun hal-hal lain yang belum kita kenal. Berangkat dari dasar pemikiran ini seharusnya calon guru pada jenjang yang akan datang dapat menghasilkan anak didik yang lebih baik sesuai dengan harapan masyarakat. Tetapi apa yang kita lihat dilapangan sekarang? Kemampuan anak saat ini jauh dari yang diharapkan, khususnya dalam kemampuan menyimak.








1.2  RUMUSAN MASALAH
1. Apa itu strategi dalam meningkatkan daya menyimak?
2. Bagaimana ciri-ciri seseorang dapat dikatakan penyimak yang baik?
3. mengapa harus ada latihan dalam meningkatkan daya simak?
1.3 TUJUAN
1.Memberikan pemahaman tentang strategi  dalam menyimak.
2. Mengetahui langkah-langkah/ strategi meningkatkan kemampuan daya menyimak
3.Mengetahui pola latihan dalam meningkatkan daya menyimak
1.4 MANFAAT
1. Menguasai strategi dalam menyimak
2. Mempermudah melaksanakan kegiatan menyimak.
3. Membantu memperaktekan dan memberi contoh kepada anak didik dan orang lain.



















BAB II
 PEMBAHASAN
2.1 Strategi Peningkatan Daya Simak
                Strategi mengandung arti rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus . strategi peningkatan daya simak berarti perencanaan yang cermat dalam usaha peningkatan daya simak. Seperti yang kita ketahui menyimak itu suatu keterampilan yang bersifat reseptif. Dengan menyimak, seseorang dapat menyerap informasi atau pengetahuan yang disimaknya. Semakin baik daya simak seseorang semakin baik pula daya serap informasi atau pengetahuan yang disimaknya.
                Kemampuan daya simak seseorang tidaklah sama ,ada orang yang dengan mudah dan cepat menangkap informasi atau pengetahuan yang disimaknya. Ada pula sesorang yang mengalami kesulitan dalam menangkap informasi atau pengetahuan yang disimaknya. Hal itu dapat terlihat pada siswa atau mahasiswa ketika menyimak uraian guru atau dosen dikelas. Oleh karena itu, usaha penigkatan daya simak perl dilakukan. Sebelum itu kita pelajari terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri prnyimak yang baik.
A.      CIRI-CIRI PENYIMAK YANG BAIK
1.       Siap fisik dan mental
Penyimak yang baik ialah penyimak yang benar-bernar mempersiapkan diri untuk menyimak, fisik yang sehat, mental yang stabil dan pikiran yang jernih dipersiapkan untuk menyerap isi dari bahan simakan.
2.       Konsentrasi
Penyimak yang baik adalah penyimak yang dapat memusatkan perhatiannya kepada apa yang disimak. Penyimak juga berusaha menghubungkan topik simakan dengan apa yang telah diketahuinya tentang topic tersebut.
3.       Motivasi
Penyimak yang baik mempunyai alasan  kuat berdasarkan  tujuan penyimak yang telah dirumuskan.
4.       Objektif
Penyimak yang baik adalah penyimak yang tidak berprasangka buruk kepada pembicara.
5.       Menyeluruh
Penyimak yang baik menyimak secara utuh.,lengkap,dan menyeluruh dan tidak melompat-lompat, dengan kata lain hanya menyimak bagian-bagian yang disukai.
6.       Selekif
Penyimak yang baik selektif dalam memilih bagian bagian yang penting dari bahan simakan. Tidak semua bahan ditelan mentah-mentah, tetapi dipilih yang bagian intinya saja.
7.       Bersungguh-sungguh
Penyimak yang baik tidak berpura-pura menyimak pemicaraan, padahal hati dan perhatiannya berada di tempat lain. Penyimak yang baik benar-benar menyimak pembicaraan walaupun mungkin isi pembicaraan tidak disenangi.
8.       Tidak mudah terganggu
Penyimak yang baik tidak mudah diganggu perhatiannya terhadap bahan simakan, seolah –olah iya membentangi dirinya dari segala gangguan. Jika ada gangguan yang membelokkan perhatiannya dengan cepat dan sadar ia kembali kepada bahan simakan.
9.       Cepat menyesuaikan diri
Penyimak yang baik ialah penyimak yang tanggap terhadap situasi. Ia dengan cepat menghayati dan menyesuaikan diri dengan irama dan materi pembicaraan
10.   Mengenal arah pembicaraan
Penyimak yang baik dengan cepat dapat menduga kemana arah pembicaraan; tidak menutup kemungkinan penyimak seperti ini dapat menduga  garis besar isi pembicaraan
11.   Kontak dengan pembicara
Penyimak yang baik mencoba mengadakan kontak dengan pembicara. Hal itu dilakukan denan cara memperhatikan pembicara, memberikan dukungan dengan senyuman,dukungan,dan sebagainya.
12.   Merangkum
Penyimak yang baik dapat menangkap isi pembicaraan atau bahan simakan.. hail ini dibuktikan dengan membuat rangkuman tertulis/lisan setelah selesai kegiatan menyimak
13.   Mengevaluasi
Penyimak yang baik dapat menimbang,memeriksa, membandingkan dan menilai apakah gagasan  yang disampaikan pembicara didukung oleh argumentasi yang kuat atau tidak.
14.   Meresapons
Pada akhirnya, penyimak dapat mengambil keputusan tentang hasil simakannya untuk diterima atau ditolak (setuju atau tidak setuju). Sikap ni ditunjukkan dengan memberi reaksi berupa tanggapan atau respons seperti mengangguk-angguk, menggeleng-geleng, dan sebagainya.
15.   Carilah petunuk-petunjuk nonverbal
Gaya,mimik,gerak-gerik, dan gerakan pembicara merupakan bagian vital dari pesannya. Bersiap-siaga terhadap tanda-tanda yang nonverbal ini akan membantu anda untuk memahami bagaimana gagasan itu “terasa” bagi sang pembicara. Hal ini juga dapat menilai ketulusan hati, kejujuran,pendiriam dan integritas umum sang pembicara, yang mungkin punya kepentigan dan kegunaan khusus dalam menyimak kritis.

B.      KIAT MENINGKATKAN DAYA SIMAK
Untuk meningkatkan daya simak
1.       Kembangkan dan tingkatkan keinginan untuk menyimak. Tanpa keinginan dan minat yang besar kepada pmbicara
2.       Bangunlah kebiasaan-kebiasaan menyimak yang baik. Jadikanlah menyimak itu suatu kebutuhan, suatu budaya dalam kehidupan kita.
3.       Jangan dulu memberi penilaian atau evaluasi kepada pembicara sebelum dia selesai berbicara. Kita baru memberi penilaian jika kita sudah memperoleh gambaran yang menyeluruh dari bahan simakan
4.       Simaklah gagasan, konsep sipembicara untuk mengetahui isi dan bobot pembicaraan, bernilai atau tolak.
5.       Manfaatkan dan gunakan kecepatan berpikir secara wajar, tepat, dan menuju sasaran
6.       Manfaatkan waktu luang dengan bijaksana sehingga tidak ada yan terbuang
sia-sia.      

C.      LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SIMAK
1.       Simak  ulang ucap,
Simak ulang ucap yaitu cara latihan menyimak yang sangat sederhana, dalam latihan menyimak dilakukan dengan media simakan berupa kaset rekaman ataupun meminta teman untuk menyiapkan bahan simakan dan membacakannya untuk anda tanpa harus melihat gerak bibir teman anda, setelah itu anda tiru apa yang diujarkan atau dilafalkan oleh teman anda.
2.       Identifikasi kata kunci
Identifikasi kata kunci yaitu unsur inti suatu kalimat, dalam latihan menyimak  dilakukan dengan cara menyimak wacana. Latihan ini juga dapat anda lakukan melalui kaset rekaman, dengan bantuan teman anda atau dapat juga anda lakukan dengan cara mendengarkan siaran berita melalui radio.
3.       Membuat parafrase
Membuat parafrase berarti menceritakan kembali isi simakan dngan kata-kata sendiri. Bahan simakan dapat berupa puisi atau wacana yang lain, seperti cerita atau berita. Anda mencoba menulis atau melisakan kembali isi simakan tersebut dengan bahasa anda sendiri.
4.       Merangkum
Merangkum atau meringkas, hasil simakan yang anda peroleh, anda susun menjadi sebuah ringkasan yang walaupun jauh lebih sedikit dari bahan simakan, namun tetap dapat mewakili bahan simakan yang panjang sekalipun.
5.       Menjawab pertanyaan
Biasanya menggunakan bahan simakan yang berupa wacana yang cukup panjang dibandingkan dengan jenis jenis latihan sebelumnya.











BAB III
           PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Menyimak tidak hanya sekedar mendengar dan memahami suatu informasi akan tetapi berusahalah untuk menjadi penyimak yang efektif. Agar menjadi penyimak yang efektif hal yang bisa kita lakukan yaitu meningkatkan keterampilan menyimak dan meningkatkan daya simak. Namun, peran seorang guru atau pendidik sangat diperlukan Karena membantu kegiatan meningkatkan menyimak peserta didik, sehingga kendala menyimakpun dapat diatasi dengan mudah. Namun, disamping pendidik berupaya melakukan pengajaran menyimak yang baik, peserta juga harus berupaya mengembangkan rasa kemauan untuk ikut berpartisipasi dan terlibat dalam kegiataan diskusi, sehingga dengan cara itu kita bisa menjadi penyimak yang efektif.
3.2 saran
Ingatlah pengetahuan ini, kemudian dapat kalian terapkan saya yakin anda akan dapat menjadi penyimak yang baik. Dampak dari pengetahuan dan keterampilan yang anda peroleh sekarang ini, dapat anda sampaikan kepada calon anak didik kita.











DAFTAR PUSAKA
1.        Tarigan,Henry Guntur.1968.Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung :Penerbit Angkasa
2.       Arifin,Bustanul.2008.Menyimak.Jakarta:Universitas Terbuka.
3.       Aristha Says, “Keterampilan Menyimak” : Aristha Serenade.                                                            http ://www.aristhaserenade.blogspot.com,pada tanggal  18 September 2016 Pukul 04.05









  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar