Senin, 19 Desember 2016


MAKALAH
MENYIMAK EKSTENSIF
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah menyimak
Dosen Pengampuh :
Haerudin, M.Pd


Disusun oleh
Kelas   : A.3
Nama   : Ana Amalia Hajizah
Nim     : 1688201008


Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia




UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
2016

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. atas limpahan ramhat, hidayah, dan inayahnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah individu tentang“MENYIMAK EKSTENSIF”. Didalam makalah ini saya akan menjelaskan pengertian dari menyimak ekstensif dan juga menjelaskan janis-jenis menyimak ekstensif.
Sholawat dan salam marilah kita curahkan kepada baginda nabi Muhammad SAW yang telah memberikan beribu-ribu nikmat kepada umatnya salah satunya yaitu nikmat sehat, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik.
Makalah ini disusun dan diuraikan secara efektif, yang diambil dari buku dan website, kemudian disusun dan dijilid sehingga menjadi satu dalam bentuk makalah.
Sekiranya pembuatan makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, baik dari segi kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu, saya menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun demi memperbaiki isi dari makalah ini. Saya berharap semoga makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada pembaca.
                                   
                         
Tangerang, 29 Oktober 2016



            Penyusun
                                                                                                
           

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR...........................................................................................i
DAFTAR ISI..........................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang...........................................................................................3
Rumusan Masalah......................................................................................3
Tujuan........................................................................................................3
Manfaat......................................................................................................3
BAB II PEMBAHASAN
1.         Pengertian Menyimak Ekstensif.........................................................4
2.         Jenis-jenis Menyimak Ekstensif.........................................................5
a.    Menyimak Sosial............................................................................5
b.   Menyimak Sekunder.......................................................................5
c.    Menyimak Estetik...........................................................................6
d.   Menyimak Pasif..............................................................................6
BAB III PENUTUP
Kesimpulan.................................................................................................7
Saran...........................................................................................................7
Daftar pustaka........................................................................................................8



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
            Menyimak ekstensif adalah sejenis kegiatan menyimak mengenai hal-hal lebih umum dan lebih bebas terhadap suatu ujaran, tidak perlu di bawah bimbingan langsung dari seorang guru. Pada umumnya menyimak ekstensif dapat dipergunakan untuk dua tujuan yang berbeda.
 Menyimak ekstensif dapat pula memberi kesempatan dan kebebasan bagi para siswa mendengar dan menyimak butir-butir kosa kata dan struktur-struktus yang masih asing atau baru baginya yang terdapat dalam arus ujaran yang berada di dalam jangkauan dan kapasitas untuk menanganinya. Didalam menyimak ekstensif terdapat beberapa jenis menyimak yaitu, menyimak sosial, menyimak sekunder, menyimak estetik, dan menyimak pasif.
Rumusan Masalah
1.  Apa pengertian menyimak ekstensif ?
2.  Apa tujuan menyimak ekstensif ?
3.  Bagaimana contoh menyimak ekstensif ?
Tujuan
1.  Untuk  mengetahui isi dari pengertian menyimak ekstensif
2.  Mahasiswa dapat mengetahui tujuan dari menyimak ekstensif
3.  Untuk mengetahui contoh menyimak ekstensif
Manfaat
          Agar mahasiswa dapat mengetahui pengertian dari menyimak ekstensif, mengetahui tujuan, dan contoh dari menyimak ekstensif, serta menambah ilmu dan wawasan yang sudah di dapat dari sumber-sumber sebelumnya.




BAB II
PEMBAHASAN

1.  Pengertian Menyimak Ekstensif
Menyimak ekstensif (extensive listening) adalah sejenis kagiatan menyimak mengenai hal-hal yang lebih umum dan lebih bebas terhadap suatu ujaran, tidak perlu di bawah bimbingan langsung dari seorang guru. Pada umunya menyimak ekstensif dapat dipergunakan untuk dua tujuan yang berbeda. Menyimak ekstensif merupakan proses menyimak yang dilakukan hanya karena kebetulan dan tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh dan biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
          Menyimak ekstensif dapat pula memberi kesempatan dan kebebasan bagi para siswa mendengar dan menyimak butir-butir kosa kata dan struktur-struktur yang masih asing dan baru baginya yang terdapat dalam arus ujaran yang berbeda didalam jangkauan dan kapasitas untuk menanganinya. Mungkin saja terdapat sejumlah kata teknis yang belum diketahui atau bentuk kata yang serba baru lagi asing. Dalam hal ini terdapat suatu keakraban yang tidak disadari terhadap bentuk-bentuk yang dalam waktu singkat akan menjadi bahan pelajaran dan bahan pengajaran dalam suatu pelajaran bahasa. Bercerita terutama sekali yang menarik bagi usia muda, merupakan suatu contoh bagi bahan mennyimak ekstensif, dan kerap kali pula mencakup suatu wadah yang baik bagi kata-kata baru dan beberapa struktur yang belum diajarkan sebelumnya. Pemahaman tidaklah dapat secara serius terhalang selama minat paksaan terhadap cerita itu dapat menarik perhatian dan keakraban. Juga, terhadap kerangka bahasa itu cukup untuk menyediakan suatu alur yang bersifat menjelaskan dan memuaskan bagi bahan yang belum diketahui.
Guru sendiri merupakan modal dalam bercerita. Karena salah satu tujuan menyimak ekstensif merupakan menyajikan kembali bahan lama dengan cara baru, kerap kali sangat baik bila hal ini dilakukan dengan pertolongan pita-pita otentik yang merekam pembicaraan dalam masyarakat. Yang jauh lebih efektif serta meyakinkan adalah kutipan-kutipan dari ujaran yang nyata dan hidup. Pada umumnya, sumber yang paling baik bagi aspek menyimak ekstensif adalah rekaman-rekaman yang dibuat oleh guru sendiri karena dapat disesuaikan dengan kubutuhan dan tujuan yang dicapai. Rekaman-rekaman tersebut dapat dimanfaatkan berbagai sumber, seperti siaran radio, dan televisi.

2.  Jenis-jenis menyimak ekstensif
  1. Menyimak Sosial
Menyimak sosial (social listening) atau menyimak konversasional (conversational listening) ataupun menyimak sopan (courteous listening) biasanya berlangsung dalam situasi-situasi sosial tempat orang-orang mengobrol atau bercengkraman mengenai hal-hal yang menarik perhatian semua orang yang hadir. Mereka saling mendengarkan satu dan lainnya untuk membuat responsi-responsi yang wajar, mengikuti hal-hal yang menarik, dan memperlihatkan perhatian yang wajar terhadap apa-apa yang dikemukakan dan dikatakan oleh seorang rekan((Dawson[et all],1963:153).
            Dengan perkataan lain dapat dikemukakan bahwa menyimak sosial paling sedikit mencakup dua hal, yaitu :
Ø  Menyimak secara sopan santun dan dengan penuh perhatian terhadap percakapan atau obrolan dalam situasi-situasi sosial dengan suatu maksud
Ø  Menyimak serta memahami peranan-peranan pembicara dan penyimak dalam proses komunikasi tersebut (Anderson;1972:69). Orang-orang yang dapat menaati kedua hal tersebut dikatakan sebagai anggota-anggota masyarakat yang baik.
  1. Menyimak Sekunder
Menyimak sekunder (secondary listening) adalah sejenis kegiatan menyimak secara kebetulan (casual listening) dan secara ekstensif (extensive listening).
Berikut ini contoh menyimak sekunder :
Ø  Manyimak pada musik yang mengiringi ritme-ritme atau tarian-tarian rakyat disekolah dan pada acara-acara radio yang terdengar sayup-sayup sementara kita menulis surat pada seorang teman di rumah.
Ø  Sambil menikmati musik, kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan tertentu di sekolah seperti melukis, hasta karya tanah liat, membuat sketsa, dan latihan menulis indah.
  1. Menyimak Estetik
Menyimak estetik (aesthetic listening) ataupun yang disebut apresiatif (appreciational listening) adalah fase terakhir dan kegiatan termasuk ke dalam menyimak secara kebetulan dan menyimak secara ekstensif, mencakup:
Ø  Menyimak musik, puisi, pembacaan bersama, atau drama radio, dan rekaman-rekaman.
Ø  Menikmati cerita, puisi, teka-teki, gemerencing irama, dan lakon-lakon yang dibacakan atau diceritakan oleh guru, siswa, atau aktor.
  1. Menyimak Pasif
Menyimak pasif (passive listening) adalah penyerapan suatu bahasa tanpa upaya sadar yang biasa menandai upaya-upaya kita saat belajar dengan teliti, belajar tergesa-gesa, menghapal luar kepala, berlatih serta menguasai sesuatu bahasa. Menyimak pasif mirip dengan menyimak sekunder, yaitu menyimak sambil melakukan pekerjaan lain. Contoh kegiatan menyimak pasif ini sering kita temukan pada kebiasaan anak-anak dewasa ini, yaitu belajar sambil mendengarkan radio. Apabila siaran radio menarik perhatiannya maka perhatian mereka berubah dari buku pelajaran ke siaran radio. Contoh lain dari menyimak pasif adalah penduduk pribumi yang tidak bersekolah ia bisa lancar dalam berbahasa asing. Hal ini dimungkinkan karena mereka hidup langsung didaerah bahasa tersebut beberapa lama dan memberikan kesempatan yang cukup bagi otak mereka untuk menyimak bahasa itu. 






BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
Menyimak ekstensif merupakan suatu kagiatan menyimak mengenai hal-hal yang lebih umum dan lebih bebas terhadap suatu ujaran dan dilakukan hanya karena kebetulan dan tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh dan kebiasaanya ini terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Saran
Bedasarkan uraian diatas ,maka penulis perlu menyampaikan saran. Saran tersebut sebagai berikut.
·         Penulis mengharapkan kepada pembaca untuk lebih memahami materi dalam makalah ini, karena sangat berguna bagi mahasiswa yang mempelajari menyimak ekstensif.
·         Penulis mengharapkan agar pembaca dapat mengetahui isi dari menyimak ekstensif secara menyeluruh.

           


DAFTAR PUSTAKA
Tarigan,Guntur.2008.Menyimak.Bandung:Angkasa
Arifin,Bustanul,dkk.2008.Menyimak.Jakarta:Universitas Terbuka
Martiana,Septia.2014.Menyimak.septiamartiana.blogspot.com.diakses 14 januari 2014



Tidak ada komentar:

Posting Komentar