MAKALAH
MEMPERDALAM MENYIMAK KREATIF
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Keterampilan
Menyimak
Dosen Pengampu: Haerudin, M.Pd
Disusun oleh:
Faqih Muhammad Syifa
Kelas : A3
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
2016
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur
kehadirat Allah SWT. Atas limpahan rahmat, taufik, dan hidayah – Nya. Kami
dapat menyelesaikan pembuatan tugas makalah Menyimak Kreatif.
Sholawat dan salam kami curahkan
kepada nabi besar Muhammad SAW karena beliaulah satu – satunya Nabi yang mampu
mengubah dunia dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang.
Makalah ini disusun dan diuraikan secara
efektif , yang diambil dari buku dan website yang berkaitan dengan materi
Menyimak, kemudian makalah ini diususun berdasarkan hasil yang sudah dipelajari
yang dijilid menjadi satu kedalam bentuk makalah.
Makalah ini masih sangat jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kami
menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun demi memperbaiki isi dari
makalah ini. Kami berharap semoga makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan
dan wawasan kepada pembaca serta ridho dari Allah SWT.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................................................ i
DAFTAR ISI ........................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................................................... 1
1.1. Latar Belakang .......................................................................................................... 1
1.2. Rumusan Masalah .................................................................................................... 1
1.3. Tujuan ..................................................................................................................... 1
1.4. Manfaat Penulisan ................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN ............................................................................................................ 2
2.1. Pengertian Menyimak Kreatif ................................................................................... 2
2.2. Kegiatan dalam Menyimak kreatif ............................................................................ 2
2.3. Tujuan Menyimak Kreatif ......................................................................................... 3
2.4. Hambatan Menyimak Kreatif .................................................................................... 4
BAB III PENUTUP .................................................................................................................. 5
3.1. Kesimpulan .............................................................................................................. 5
3.2. Saran ....................................................................................................................... 5
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................................ 6
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Dalam makalah ini
akan menguraikan mengenai pengertian, tujuan, hambatan, dan tahapan Menyimak keatif. Kegiatan komunikasi banyak dilakukan secara
lisan, sehingga kemampuan menyimak sangat penting dimiliki oleh setiap pemakai
bahasa.
Hal ini penting dilakukan
karena kualitas pemahaman menyimak seseorang akan mempengaruhi pola pikir,sikap
dan tindakan menyimak yang bersangkutan. Untuk itu uraian di bawah ini di
arahkan untuk mendapatkan pemahaman tentang menyimak. Selain itu dalam makalah
kali ini akan dipaparkan mengenai pengertian Menyimak Kreatif itu sendiri dan juga sumber Menyimak Kreatif, dan
ini tentunya hanya mengulang untuk mengingatkan kembali pelajaran yang
telah lewat karena makalah yang akan kami bahas kali ini sudah sering kita
pelajari dan hanya untuk mengingatkan kembali.
1.2.
Rumusan Masalah
1. Apa itu pengertian menyimak kreatif ?
2. Bagaimana kegiatan dalam menyimak kreatif?
3. Apa tujuan menyimak kreatif?
1.3.
Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian Menyimak Kreatif
2. Untuk mengetahui kegitan dalam menyimak
3. Untuk mengetahui tujuan menyimak
1.4.
Manfaaat penulis
Dengan keberadaan makalah ini kita
dapat meningkatkan cakrawala ilmu kita tentang ilmu Keterampilan Menyimak.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Menyimak Kreatif
Menyimak
kreatif adalah kegiatan menyimak yang bertujuan mengembangkan imajinasi dan
kekreatifan seorang penyimak.
Menurut
Dawson menyimak kreatif adalah
sejenis kegiatan dalam menyimak yang dapat mengakibatkan kesenangan rekonrtuksi
imajinatif para penyimak pada bunyi, penglihatan,gerakan, serta
perasaan-perasaan kinestetik yang disarankan atau dirangsang oleh seuatu yang
disimaknya (1963: 153)
Menurut
Bustanul Arifin menyimak kreatif
mempunyai hubungan erat dengan imajinasi berhubungan dengan keindahan, bunyi –
bunyian , gerak – gerak tentang sesuatu dan juga penglihatan terhadap sesuatu.
2.2. kegiatan dalam
menyimak kreatif
Ada beberapa kegiatan yang tercakup dalam
menyimak kreatif, antara lain yaitu :
1.
Menghubungkan atau mengasosiasikan makna – makna dengan segala jenis
pengalaman menyimak;
2.
Membangun atau mengrekontruksikan imaji – imaji visual dengan baik,
sementara menyimak;
3.
Menyesuaikan atau mengadaptasikan imaji dengan pikiran imajinatif untuk
mencitakan karya baru dalam tulisan, lukisan, dan pementasan
4.
Mencapai penyelesaian atau pemecahan masalah – masalah serta sekaligus
memeriksa dan menguji hasil – hasil pemecahan atau penyelesaian tersebut
(Anderson, 1972: 70)
2.3 Tujuan Menyimak
Kreatif
Tujuan
Menyimak Kreatif yaitu :
1. Mendapatkan fakta
Pengumpulan
fakta dapat dilakukan dengan berbagai cara melalui kegiatan penelitian, riset,
atau eksperimen. Cara lain yang dapat dilakukan dalam pengumpulan fakta ialah
melalui membaca. Kegiatan membaca seperti membaca buku ilmu pengetahuan, makalah,
majalah ilmiah, surat kabar, dan laporan penelitian. Dalam masyarakat
tradisional pengumpulan fakta melalui menyimak tersebut banyak sekali
digunakan. Dalam masyarakat modern pun pengumpulan melalui menyimak itu masih
banyak digunakan.
Menurut
Djago Tarigan, untuk mendapatkan fakta dengan cara mendengarkan radio, tv,
menyampaikan makalah, percakapan, dan sebagainya .
2. Menganalisis fakta
Fakta
atau informasi yang telah dikumpulkan perlu dianalisis. Harus jelas kaitan antar unsur fakta, sebab, dan
akibat apa yang terkandung di dalamnya. Apa yang disampaikan pembicara harus
dikaitkan dengan pengetahuan atau pengalaman menyimak dalam bidang yang
relavan. Proses analisis fakta ini harus konsisten,
analisis
fakta sangat penting dan merupakan landasan bagi penilaian fakta. Penilaian
akan jitu bila hasil analisis itu benar.
3. Mengevaluasi fakta
Tujuan
yang ketiga ini dalam proses Menyimak Komprehensif adalah mengevaluasi fakta –
fakta yang disampaikan pembicara.
4. Mendapatkan inspirasi
Mereka
yang pembicaraan orang lain semata – mata untuk tujuan mencari ilham. Penyimak
seperti ini biasanya orang yang tidak memerlukan fakta baru, yang mereka
perlukan adalah sugesti, dorongan, suntikan semangat, inspirasi guna pemecahan
masalah yang sedang di hadapi. Mereka ini sangat mengharapkan pembicara yang
inspiratip, sugestif, dan penuh gagasan orisinal.
5. Menghibur diri
Sejumlah
penyimak datang menghadiri pertunjukan seperti bioskop, sandiwara dan
percakapan untuk menghibur diri. Mereka sudah lelah dan letih, maka mereka
perlu penyegaran fisik dan mental agar kondisinya pulih. Itulah menyimak untuk
tujuan menghibur diri .
2.4 Hambatan
Menyimak Kreatif
A. Keegosentrisan
Yaitu
mementingkan diri sendiri, si penyimak tidak tahu –menahu terhadap apa yang
disimak dan hanya menyimak hal – hal yang di anggap menarik.
B. Keengganan ikut terlibat
Yaitu
penyimak enggan atau tidak mau ikut terlibat dalam simakan, maka penyimak akan
berusaha agar dirinya tidak ikut terlibat, dan akhirnya proses menyimak tidak
berjalan dengan baik.
C. Ketakutan akan perubahan
Yaitu
penyimak merasa sudah pas terhadap sesuatu, baik itu kondisi lingkungan dan
sebagainya, namun penyimak merasa takut akan adanya perubahan suasana tersebut
yang membuat penyimak menjadi tidak konsentrasi lagi terhadap apa yang
disimaknya.
D. Keinginan menghindari pertanyaan
Yaitu
penyimak mencoba menghindar dari pertanyaan yang ajan diajukan oleh pembicara,
hal ini disebabkan karena kurangnya percaya diri, kurangnya kemampuan untuk
menjawab pertanyaan, rasa malu dan lain – lain yang menyebabkan penyimak tidak
sepenuhnya menanggapi simakan tersebut.
E. Puas terhadap penampilan eksternal
Yaitu
kepuasan dan kebanggaan yang berlebihan terhadap penampilan fisik yang belum
tentu apa yang disimak juga berkualitas, yang menyebabkan penyimak merasa bahwa
pembicara adalah orang yang bagus dalam berbicara, namun setelah pembicara
menyampaikan pembicaraan yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan penampilan
fisik, maka penyimak akan mengecohkannya.
F. Pertimbangan yang premature
Yaitu
pertimbangan yang belum sampai pada waktu untuk hasil sesuai, belum habis
secara keseluruhan hasil simakan, penyimak sudah mempertimbangankannya terlebih
dahulu.
G. Kebingungan semantik
Yaitu
kebingungan terhadap sesuatu yang menimbulkan proses menyimak tidak ditanggapi
dengan baik, dan setelah kebingungan itu hilang barulah penyimak akan mencari
tahu apa yang baru saja ia lewatkan.
BAB
III
PENUTUPAN
3.1. KESIMPULAN
Menyimak
kreatif adalah kegiatan menyimak yang bertujuan mengembangkan imajinasi dan
kekreatifan seorang penyimak. Adapun kegiatan
menyimak kreatif adalah :
1. Menghubungkan atau mengasosiasikan makna – makna dengan segala jenis
pengalaman menyimak;
2. Membangun atau mengrekontruksikan imaji – imaji visual dengan baik,
sementara menyimak;
3. Menyesuaikan atau mengadaptasikan imaji dengan pikiran imajinatif untuk
mencitakan karya baru dalam tulisan, lukisan, dan pementasan
3.2. SARAN
Dengan selesainya penulisan makalah ini ditujukan untuk para mahasiswa
dan masyarakat luas pada umumnya untuk membaca makalah ini supaya menambah
pengetahuan tentang bagaimana memahami tahap perkembangan menyimak kreatif, hambatan dalam menyimak dan cara mengatasinya
dengan baik.
DAFTAR
PUSTAKA
1. Tarigan,Henri Guntur.1986.Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung:Penerbit
Angkasa
2. Arifin, Bustanul.2008.Menyimak.Jakarta:Universitas
Terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar