Senin, 19 Desember 2016


MAKALAH
MEMPERDALAM MENYIMAK KREATIF
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Keterampilan Menyimak
Dosen Pengampu: Haerudin, M.Pd




         




Disusun oleh:
Faqih Muhammad Syifa
Kelas : A3


PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
2016






    KATA PENGANTAR
Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas limpahan rahmat, taufik, dan hidayah – Nya. Kami dapat menyelesaikan pembuatan tugas makalah Menyimak Kreatif.
Sholawat dan salam kami curahkan kepada nabi besar Muhammad SAW karena beliaulah satu – satunya Nabi yang mampu mengubah dunia dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang.
 Makalah ini disusun dan diuraikan secara efektif , yang diambil dari buku dan website yang berkaitan dengan materi Menyimak, kemudian makalah ini diususun berdasarkan hasil yang sudah dipelajari yang dijilid menjadi satu kedalam bentuk makalah.
  Makalah ini masih sangat jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kami menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun demi memperbaiki isi dari makalah ini. Kami berharap semoga makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada pembaca serta ridho dari Allah SWT.
 







                                      DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................................................ i
DAFTAR ISI ........................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................................................... 1
1.1. Latar Belakang .......................................................................................................... 1
1.2. Rumusan Masalah .................................................................................................... 1
1.3. Tujuan ..................................................................................................................... 1
1.4. Manfaat Penulisan ................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN ............................................................................................................ 2
2.1. Pengertian Menyimak Kreatif ................................................................................... 2
2.2. Kegiatan dalam Menyimak kreatif ............................................................................ 2
2.3. Tujuan Menyimak Kreatif ......................................................................................... 3
2.4. Hambatan Menyimak Kreatif .................................................................................... 4
BAB III PENUTUP .................................................................................................................. 5
3.1. Kesimpulan .............................................................................................................. 5
3.2. Saran ....................................................................................................................... 5
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................................ 6




BAB I
PENDAHULUAN
1.1.         Latar Belakang
 Dalam makalah ini akan menguraikan mengenai pengertian, tujuan, hambatan, dan tahapan Menyimak keatif. Kegiatan komunikasi banyak dilakukan secara lisan, sehingga kemampuan menyimak sangat penting dimiliki oleh setiap pemakai bahasa.
      Hal ini penting dilakukan karena kualitas pemahaman menyimak seseorang akan mempengaruhi pola pikir,sikap dan tindakan menyimak yang bersangkutan. Untuk itu uraian di bawah ini di arahkan untuk mendapatkan pemahaman tentang menyimak. Selain itu dalam makalah kali ini akan dipaparkan mengenai pengertian Menyimak Kreatif itu sendiri dan  juga sumber Menyimak Kreatif, dan  ini tentunya hanya mengulang untuk mengingatkan kembali pelajaran yang telah lewat karena makalah yang akan kami bahas kali ini sudah sering kita pelajari dan hanya untuk mengingatkan kembali.

1.2.         Rumusan Masalah
1.      Apa itu pengertian menyimak kreatif ?
2.      Bagaimana kegiatan dalam menyimak kreatif?
3.      Apa tujuan menyimak kreatif?
1.3.         Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian Menyimak Kreatif
2.      Untuk mengetahui kegitan dalam menyimak
3.      Untuk mengetahui tujuan menyimak
1.4.         Manfaaat penulis
Dengan keberadaan makalah ini kita dapat meningkatkan cakrawala ilmu kita tentang ilmu Keterampilan Menyimak.











                                                BAB II
                                        PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Menyimak Kreatif
       Menyimak kreatif adalah kegiatan menyimak yang bertujuan mengembangkan imajinasi dan kekreatifan seorang penyimak.
       Menurut Dawson menyimak kreatif adalah sejenis kegiatan dalam menyimak yang dapat mengakibatkan kesenangan rekonrtuksi imajinatif para penyimak pada bunyi, penglihatan,gerakan, serta perasaan-perasaan kinestetik yang disarankan atau dirangsang oleh seuatu yang disimaknya (1963: 153)
       Menurut Bustanul Arifin menyimak kreatif mempunyai hubungan erat dengan imajinasi berhubungan dengan keindahan, bunyi – bunyian , gerak – gerak tentang sesuatu dan juga penglihatan terhadap sesuatu.


2.2. kegiatan dalam menyimak kreatif

    Ada beberapa kegiatan yang tercakup dalam menyimak kreatif, antara lain yaitu :
1.    Menghubungkan atau mengasosiasikan makna – makna dengan segala jenis pengalaman menyimak;
2.    Membangun atau mengrekontruksikan imaji – imaji visual dengan baik, sementara menyimak;
3.    Menyesuaikan atau mengadaptasikan imaji dengan pikiran imajinatif untuk mencitakan karya baru dalam tulisan, lukisan, dan pementasan
4.    Mencapai penyelesaian atau pemecahan masalah – masalah serta sekaligus memeriksa dan menguji hasil – hasil pemecahan atau penyelesaian tersebut (Anderson, 1972: 70)


2.3 Tujuan Menyimak Kreatif
Tujuan Menyimak Kreatif yaitu :
1.    Mendapatkan fakta
Pengumpulan fakta dapat dilakukan dengan berbagai cara melalui kegiatan penelitian, riset, atau eksperimen. Cara lain yang dapat dilakukan dalam pengumpulan fakta ialah melalui membaca. Kegiatan membaca seperti membaca buku ilmu pengetahuan, makalah, majalah ilmiah, surat kabar, dan laporan penelitian. Dalam masyarakat tradisional pengumpulan fakta melalui menyimak tersebut banyak sekali digunakan. Dalam masyarakat modern pun pengumpulan melalui menyimak itu masih banyak digunakan.
Menurut Djago Tarigan, untuk mendapatkan fakta dengan cara mendengarkan radio, tv, menyampaikan makalah, percakapan, dan sebagainya .
2.    Menganalisis fakta
Fakta atau informasi yang telah dikumpulkan perlu dianalisis. Harus  jelas kaitan antar unsur fakta, sebab, dan akibat apa yang terkandung di dalamnya. Apa yang disampaikan pembicara harus dikaitkan dengan pengetahuan atau pengalaman menyimak dalam bidang yang relavan. Proses analisis fakta ini harus konsisten,
analisis fakta sangat penting dan merupakan landasan bagi penilaian fakta. Penilaian akan jitu bila hasil analisis itu benar.
3.    Mengevaluasi fakta
Tujuan yang ketiga ini dalam proses Menyimak Komprehensif adalah mengevaluasi fakta – fakta yang disampaikan pembicara.
4.    Mendapatkan inspirasi
Mereka yang pembicaraan orang lain semata – mata untuk tujuan mencari ilham. Penyimak seperti ini biasanya orang yang tidak memerlukan fakta baru, yang mereka perlukan adalah sugesti, dorongan, suntikan semangat, inspirasi guna pemecahan masalah yang sedang di hadapi. Mereka ini sangat mengharapkan pembicara yang inspiratip, sugestif, dan penuh gagasan orisinal.
5.    Menghibur diri
Sejumlah penyimak datang menghadiri pertunjukan seperti bioskop, sandiwara dan percakapan untuk menghibur diri. Mereka sudah lelah dan letih, maka mereka perlu penyegaran fisik dan mental agar kondisinya pulih. Itulah menyimak untuk tujuan menghibur diri .




2.4 Hambatan Menyimak Kreatif
A.     Keegosentrisan
Yaitu mementingkan diri sendiri, si penyimak tidak tahu –menahu terhadap apa yang disimak dan hanya menyimak hal – hal yang di anggap menarik.
B.     Keengganan ikut terlibat
Yaitu penyimak enggan atau tidak mau ikut terlibat dalam simakan, maka penyimak akan berusaha agar dirinya tidak ikut terlibat, dan akhirnya proses menyimak tidak berjalan dengan baik.
C.     Ketakutan akan perubahan
Yaitu penyimak merasa sudah pas terhadap sesuatu, baik itu kondisi lingkungan dan sebagainya, namun penyimak merasa takut akan adanya perubahan suasana tersebut yang membuat penyimak menjadi tidak konsentrasi lagi terhadap apa yang disimaknya.

D.     Keinginan menghindari pertanyaan
Yaitu penyimak mencoba menghindar dari pertanyaan yang ajan diajukan oleh pembicara, hal ini disebabkan karena kurangnya percaya diri, kurangnya kemampuan untuk menjawab pertanyaan, rasa malu dan lain – lain yang menyebabkan penyimak tidak sepenuhnya menanggapi simakan tersebut.
E.      Puas terhadap penampilan eksternal
Yaitu kepuasan dan kebanggaan yang berlebihan terhadap penampilan fisik yang belum tentu apa yang disimak juga berkualitas, yang menyebabkan penyimak merasa bahwa pembicara adalah orang yang bagus dalam berbicara, namun setelah pembicara menyampaikan pembicaraan yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan penampilan fisik, maka penyimak akan mengecohkannya.
F.      Pertimbangan yang premature
Yaitu pertimbangan yang belum sampai pada waktu untuk hasil sesuai, belum habis secara keseluruhan hasil simakan, penyimak sudah mempertimbangankannya terlebih dahulu.
G.     Kebingungan semantik
Yaitu kebingungan terhadap sesuatu yang menimbulkan proses menyimak tidak ditanggapi dengan baik, dan setelah kebingungan itu hilang barulah penyimak akan mencari tahu apa yang baru saja ia lewatkan.
   



                                                   BAB III
PENUTUPAN
3.1. KESIMPULAN
           Menyimak kreatif adalah kegiatan menyimak yang bertujuan mengembangkan imajinasi dan kekreatifan seorang penyimak. Adapun kegiatan menyimak kreatif adalah :
1.    Menghubungkan atau mengasosiasikan makna – makna dengan segala jenis pengalaman menyimak;
2.    Membangun atau mengrekontruksikan imaji – imaji visual dengan baik, sementara menyimak;
3.    Menyesuaikan atau mengadaptasikan imaji dengan pikiran imajinatif untuk mencitakan karya baru dalam tulisan, lukisan, dan pementasan

3.2. SARAN
Dengan selesainya penulisan makalah ini ditujukan untuk para mahasiswa dan masyarakat luas pada umumnya untuk membaca makalah ini supaya menambah pengetahuan tentang bagaimana memahami tahap perkembangan menyimak kreatif, hambatan dalam menyimak dan cara mengatasinya dengan baik.








                                           DAFTAR PUSTAKA
1.      Tarigan,Henri Guntur.1986.Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung:Penerbit Angkasa
2.      Arifin, Bustanul.2008.Menyimak.Jakarta:Universitas Terbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar