MAKALAH
“MENYIMAK DASAR”
Diajukan untuk Memahami salah satu tugas KETERAMPILAN MENYIMAK
Dosen Pengampu:
Haerudin,
M.Pd.
Disusun oleh:
Nama: SUYANTI
Kelas :
A3
NIM :
1688201055
PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya
ucapkan kepada Allah SWT atas segala rahmatnya yang ia berikan dan beribu-ribu
nikmat, salah satunya nikmat iman, nikmat islam, dan nikmat sehat. Sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah ini tepat pada waktunya. Shalawat dan salam kita sampaikan kepada
Baginda Nabi Muhammad SAW, yang telah menjadi suri teladan umat islam didunia.
Telah selesainya makalah ini yang membahas tentang “MENYIMAK DASAR”. Tidak lupa
juga saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Herudin.M.Pd, selaku dosen
pengampu mata kuliah keterampilan menyimak yang telah memberikan tugas ini
kepada saya.
Ada pun maksud dan tujuan dari pembuatan makalah ini
adalah untuk mengembangkan kemampuan penulis dalam mengetahui menyimak. Makalah
yang saya buat ini tidak jauh dari sempurna, untuk itu penulis membutuhkan
kritik dan saran yang bersifat membangun, agar kiranya untuk pembuatan makalah
yang berikutnya penulis akan lebih
menemukan dimana saja kesalahan penulis agar dapat memperbaiki. Akhir kata
penulis ucapkan terima kasih semoga makalah ini dapat bermanfaat.
Tangerang, Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR...............................................................................................
DAFTAR ISI..............................................................................................................
1.Menyimak Bahasa…………………………………………………………….
2.Menangakap Isi Simakan……………………………………………………..
BAB III PENUTUP
A.KESIMPULAN……………………………………………………………....
B.SARAN………………………………………………………………………
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………………………..
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Manusia
adalah makhluk sosial dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial
terkandung suatu bahwasanya manusia tidak bisa hidup sendiri dan bagaimanapun
juga manusia perlu bantuan dari manusia yang lainnya,secara kodrat manusia akan
selalu hidup bersamaan. Menyimak dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting karena kita dapat memperoleh
infomarsi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, dalam menyimak dapat menambah
ilmu, menerima, dan menghargai pendapat orang lain. Oleh sebab itu dalam
pembelajaran menyimak memerlukan latihan-latihan yang intensif, dan dapat
membedakan bunyi-bunyi bahasa dalam konteks wacana, menentukan ketepatan
pengguna bahasa yang digunakan penutur dan menangkap gagasan utama atau inti
sebuah wacana lisan sederhana.
Dengan demikian membahas
tentang menyimak bahasa yang meliputi uraian perbedaan fonem dalam konteks,
strategi menangkap maksud tuturan melalui unsur bahasa yang digunakan penutur
serta mengkaji tentang strategi menangkap isi simakan yang bagaimana kiat
menangkap gagasan inti dan berlatih menangkap gagasan inti sehingga dapat
menerapkan menyimak dasar.
B.
Rumusan Masalah
1. apa
pengertian dari menyimak bahasa?
2.Bagaimana
menangkap isi simakan?
C.
Tujuan
1. Agar dapat
mengetahui dari menyimak dasar.
2. Agar dapat
mengetahui menangkap isi simakan.
D.
Manfaat
1. Dapat
mengetahui dari menyimak bahasa.
2. Dapat
mengetahui cara dari menangkap isi simakan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
MENYIMAK BAHASA
Pengertian
Menyimak Bahasa
Menyimak merupakan proses berbahasa yang
mengubah bahasa lisan yang menjadi makna dalam pikiran, dengan menyimak tidak sekedar mendengarkan dari kegiatan berfikir
atau menangkap makna apa yang didengar
dari bagian proses menyimak bahasa.
Keterampilan menyimak bahasa itu terbagi menjadi beberapa kemampuan sebagai
berikut :
1.
Kemampuan
mengidentifikasi dan menyeleksi gejala gejala fonetik baik yang berupa nada,
tekenan, persendian maupun intonasi dan bunyi-bunyi
bahasa yang dipelajari.
2.
Kemampuan mengenal,
membedakan, menerapkan kosa kata sesuai dengan makna dan
Kosa kata sesuai dengan makna dan konteksnya yang tepat.
3.
Kemampuan mengenal,
membedakan, menerapkan struktur tata bahasa sesuai dengan
Maknanya yang
tepat termasuk juga struktur frase dan idiom-idiom yang ada.
1.Tataran
Menyimak
Pada dasarnya pengembangan keterampilan menyimak itu dapat dibedakan atas 4 tataran pokok sebagai berikut ini:
a.Tataran identifikasi tidak lain adalah tahap
pengenalan. Tahap ini banyak melibatkan penyimakan
untuk segera mengenal elemen-elemen kebahasaan dan
maknanya yang mungkin dipengaruhi oleh
adanya elemen-elemen bunyi suprasegmental intonasi, jeda,
nada, dan tekanan. Menyimak pada tataran ini disebut juga dengan istilah menyimak bahasa.
b.Tataran
identifikasi dan seleksi tanpa retensi adalah tataran penyimak diharapkan
memperoleh
kemampuan
mengenal dan memahami sesuatu unit kontinum bunyi/ujaran, tetapi belum dituntun
adanya
kemampuan retensi (kemampuan menyimpan dan memproduksikan).
c.Tataran
identifikasi dengan seleksi terpimpin dan retensi jangka pendek adalah tataran
menyimak
Yang menuntun
penyimak mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami, tetapi masih
Dalam
taraf terpimpin.
Misalnya:
dengan memberikan daftar pertanyaan terlebih dahulu kepada penyimak supaya
Dapat
dipelajari sebelum bahan simakan diberikan.
d.Tataran
identifikasi dengan seleksi dan retensi jangka panjang adalah taraf menyimak
yang
menuntun
penyimak untuk mampu mengenal bunyi-bunyi yang panjang, mampu memahami
makna pesan
secara tepat, dengan kemampuan mengingat dalam jangka waktu yang relatif lama.
2.Strategi Menyimak Bahasa
Terdapat dua
strategi dalam menyimak yaitu dengan memusatkan perhatian dan membuat catatan.
a.Memusatkan
perhatian adalah agar kita dapat menyimak bahasa dengan baik, kita harus
memusatkan
perhatian pada
tuturan pembicara. Penutur atau pembicara biasanya menggunakan isyarat visual
dan
verbal untuk
menyampaikan pesan dan mengarahkan perhatian penyimak. Isyarat visual meliputi
gerak tubuh,
tulisan atau kerangka informasi penting dan perubahan ekspresi wajah (mimik).
Isyarat
verbal
meliputi perhentian, naik turunnya suara , lambatnya pengucapan butir-butir
penting dan
pengulangan
informasi penting.
b.Membuat
catatan merupakan strategi dalam menyimak yang bertujuan untuk membantu
aktivitas
menyimak
karena mendorong berkonsentrasi.
B.MENANGKAP ISI SIMAKAN
a.Kiat
Menangkap Gagasan Inti
1.
Membentuk Gambar
dalam Pikiran
2.
Mengelompokkan
Informasi
3.
Mengajukan
Pertanyaan
4.
Menemukan Pola
Organisasi Informasi
5. .Mencatan Informasi Penting
C.MENANGKAP GAGASAN INTI
1. Mampu
mengantisipasi topik dari gagasan-gagasan umum yang terdapat dalam tuturan
didengarnya.
2. .Mampu
menentukan topik yang dibahas dalam
wacana yang didengarnya berdasarkan gagasan-gagasan umum yang telah ditemukan.
3. Mampu
menentukan ide pokok (subject matter) dan ide-ide penjelas dari tuturan yang
didengarnya.
4. Mampu
menjawab/dan merumuskan hal-hal yang penting berkaitan dengan teks.
5. Mampu
memberikan komentar, respon terhadap isi tuturan yang didengarnya.
6. Mampu
membedakan fakta, pendapat dan kesimpulan dari tuturan yang disimaknya.
7. Mampu
menunjukan nilai estetis dari tuturan yang didengarnya dan nilai-nilai.
BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Menyimak
dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting karena kita dapat memperoleh
informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
B.SARAN
Saya
menyadari akan kekurangan dalam makalah ini, jadi agar makalah ini dapat
bermanfaat bagi pembaca maka saya harapkan kritik yang membangun untuk saya
lebih bisa baik dan sempurna lagi dalam pembuatan makalah ini selanjutnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Sumber
Buku Bacaan:
Arifin, bustanul dkk.Menyimak.
Penerbit
Uiversitas Terbuka.2007.cetakan-1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar