Senin, 19 Desember 2016


Text Box: MAKALAHMENYIMAK SEKUNDER
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah menyimak
Dosen pengampu
Haerudin,M.Pd






Disusun oleh :
Herawati
Kelas : A3





BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
2016







KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas limpahan rahmat, taufik, dan hidayah – Nya. Saya  dapat menyelesaikan pembuatan tugas makalah Keterampilan Menyimak tentang Menyimak Sekunder, sholawat dan salam kami curahkan kepada nabi besar Muhammad SAW karena beliaulah satu – satunya Nabi yang mampu mengubah dunia dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang.
             Makalah ini disusun dengan maksimal dan didapatkan dari buku dan website yang berkaitan dengan materi Menyimak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini, Untuk itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam membuat tugas makalah ini. 
 Terlepas dari semua itu, Saya menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kata sempurna baik dari segi susunan kalimatmaupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun demi memperbaiki isi dari makalah ini agar kedepannya bisa diperbaiki.
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga makalah ini bisa bermanfaat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada pembaca serta ridho dari Allah SWT.




Tangerang,31 Oktober 2016



Penulis



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................................ i
DAFTAR ISI............................................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................................... 1
1.1   Latar belakang.......................................................................................................... 1
1.2   Rumusan masalah..................................................................................................... 2
1.3   Tujuan...................................................................................................................... 2
1.4   Manfaat penulisan.................................................................................................... 2
BAB 11 PEMBAHASAN........................................................................................................... 3
2.1    Pengertian menyimak sekunder............................................................................... 3
2.2   Ciri-ciri menyimak sekunder...................................................................................... 3
2.3   Tujuan menyimak sekunder...................................................................................... 4
2.4   Contoh menyimak sekunder..................................................................................... 4
BAB III PENUTUP................................................................................................................... 6
3.1   Kesimpulan............................................................................................................... 6
3.2   Saran........................................................................................................................ 6
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................................. 7




BAB 1
PENDAHULUAN

1.1                         Latar Belakang

Manusia adalah makhluk sosial, artinya manusia tidak dapat hidup sendiri, akan selalu membutuhkan orang lain. Kodratnya manusia itu hidup bersama, bukan individu. Karena itu didalam kehidupannaya, manusia selalu berinteraksi dan berkomunikasi itu tentunya . pada umumnya melibatkan kegiatan berbicara dan mendengarkan. Namun masih sering kali terjadi miskomunikasi dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Hal ini dikarenakan dalam prosesnya hanya sekedar berbicara dan mendengarkannya saja, mereka melupakan menyimak . Memang menyimak itu mndengarkan, tetapi menyimak bukan sekedar mendengarkan, melainkan memahami dan menanggapi apa yang dikatakan dan di sampaikan oleh si pembicara.
Oleh karena itu, menyimak mempunyai peran penting dalam proses berkomunikasi di dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan menyimak juga dapat menambah ilmu atau wawasan yang belum dimiliki di antaranya melalui radio, tv, atau langsung dari narasumber. Jadi menyimak memegang peran penting setelah itu barulah keterampilan berbicara, membaca, dan menulis. Dalam proses belajar mengajar, menyimak sering diabaikan karena tanpa diajarkan pun keterampilan ini dilakukan. Sebenarnya apabila kita memahami konsep menyimak, apapun yang dilakukan tampaknya selalu ada proses menyimaknya. Kenyataan ini terjadi disegala sektor kehidupan. Melalui proses menyimaklah seseorang mengenal konsep segala informasi baik berupa ilmu pengetahuan maupun hal-hal lain yang belum kita kenal.
Karena itu jugalah mengapa pembelajaran keterampilan berbahasa diajarkan untuk keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama menyimak, yang memiliki persentase paling banyak dalam berinteraksi dan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.







1.2                         Rumusan Masalah

1.      Apa Pengertian Menyimak Sekunder  
2.      Apa Ciri-ciri Menyimak Sekunder      
3.      Apa Tujuan Menyimak Sekunder       
4.      Apa Contoh Menyimak Sekunder

1.3                         Tujuan

1.      Mengetahui Pengertian Menyimak Sekunder  
2.      Mengetahui Ciri-ciri Menyimak Sekunder      
3.      Mengetahui Tujuan Menyimak Sekunder       
4.      Mengetahui Contoh Menyimak Sekunder

1.4                         Manfaat Penulisan

Dengan adanya makalah ini kita dapat meningkatkan cakrawala ilmu kita tentang ilmu Keterampilan Menyimak.

















BAB II
PEMBAHASAN

2.1                         Pengertian Menyimak sekunder

Menyimak sekunder (secondary listening) adalah sejenis kegiatan menyimak secara kebetulan , maksudnya menyimak dilakukan sambil mengerjakan sesuatu.
Menyimak sekunder dapat pula memberi kesempatan dan kebebasan bagi para siswa mendengarkan dan menyimak butir-butir kosa kata dan struktur-struktur yang masih asing atau baru baginya yang terdapat dalam arus ajaran yang berbeda di dalam jangkauan dan kapasitas untuk menanganinya.
Dalam hal ini,       terdapat suatu keakraban yang tidak disadari terhadap bentuk-bentuk yang dalam waktu singkat akan menjadi bahan pelajaran dan bahan pengajaran dalam suatau pelajaran bahasaa

Tarigan (1987;38) menyatakan bahwa “menyimak sekunder (secondary listening)  adalah sejenis kegiatan menyimak secara kebetulan (casual listening)dan secara ekstensif (extensive listening).” Menyimak ini lebih bersifat umum tanpa ada bimbingan. Apa yang didengar oleh penyimak bukan menjadi tujuan utama.



2.2                         Ciri ciri Menyimak Sekunder
Ciri-ciri menyimak sekunder antara lain :

1.       Menyimak yang bersifat bebas.
2.      Menyimak yang tidak memerlukan konsentrasi tinggi.
3.       Menyimak yang hanya untuk menghibur diri




2.3                         Tujuan Menyimak Sekunder
Secara umum, terdapat delapan tujuan menyimak , yaitu untuk :

·         Belajar,menikmati,menilai,mengapresiasi,mengomunikasikan ide-ide,membedakan bunyi,memecahkan masalah,dan meyakinkan (persuasif).

Tujuan menyimak sekunder yaitu :

1.      Untuk menikmati serta menghargai sesuatu yang disimaknya ( menghibur diri).
2.      Agar lebih efektif dalam hubungan antar pribadi dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Untuk mencari sebuah inspirasi untuk kegiatan yang dilakukan di samping menyimak.



2.4                         Contoh Menyimak Sekunder

1.      Menyimak pada musik yang mengiringi ritme-ritme atau tarian-tarian rakyat di sekolah dan pada acara-acara radio yang terdengar sayup-sayup sementara kita menulis surat untuk seorang teman di rumah.

2.      Sambil menikmati musik, kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan tertentu di sekolah seperti melukis, hasta karya tanah liat, membuat sketsa, dan latihan menulis indah (Dawson [et all], 1963: 153; Tarigan, 1972:69).


3.      Adang sedang mencuci motor tanpa sadar ia mendengar ibunya bercerita di teras dengan tetangganya.

4.      Sambil menikmati musik, kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan tertentu di sekolah seperti melukis, hasta karya, tamah liat, membuat sketsa dan latihan menulis indah.


5.      Ana sedang membaca dikamar, ia juga dapat mendengarkan percakapan orang lain ,suara radio, suara televisi, dan sebagainya. Suara tersebut sempt terdengar oleh ani , namun ani tidak merasa terganggu oleh suara-suara tersebut





















BAB III
PENUTUPAN

3.1                         Kesimpulan
Dari paparan atau penjelasan di atas, maka saya dapat menyimpulkan bahwa
1.      Meyimak sekunder adalah sejenis kegiatan menyimak secara kebetulan
2.      Ciri-ciri menyimak sekunder itu ada Menyimak yang bersifat bebas,tidak memerlukan konsentrasi tinggi, dan bersifat menghibur diri
3.      Tujuan menyimak sekunder yaitu Belajar ,menikmati, menilai, mengapresiasi, mengomunikasikan ide-ide, membedakan bunyi, memecahkan masalah,dan meyakinkan (persuasif).dan memiliki beberap contoh menyimak sekunder.


3.2                         Saran
Menyadari bahwa saya masih jauh dari kata sempurna, kedepannya saya akan lebih fokus dan detail, Dengan selesainya penulisan makalah ini ditujukan untuk para mahasiswa dan masyarakat luas pada umumnya untuk membaca makalah ini supaya menambah pengetahuan tentang Menyimak Sekunder.












DAFTAR PUSTAKA
1.      Tarigan,Henri Guntur.1986.Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung:Penerbit Angkasa
2.      http://ceritaku-apriyani.blogspot.co.id/2012/01/menyimak-sekunder.html?m=1
3.      http://pramuka-achank.blogspot.com/2009/05/jenis-jenis-menyimak.html?m=1
4.      http://mediabekawanan.blogspot.com/2013/03/makalah-bahasa-indonesia-keterampilan.html?m=1




Tidak ada komentar:

Posting Komentar