MENYIMAK
SEKUNDER
Diajukan untuk memenuhi salah
satu tugas mata kuliah menyimak
Dosen pengampu
Haerudin,M.Pd
Disusun oleh :
Herawati
Kelas : A3
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
2016
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah kami panjatkan puji
syukur kehadirat Allah SWT. Atas limpahan rahmat, taufik, dan hidayah – Nya.
Saya dapat menyelesaikan pembuatan tugas
makalah Keterampilan Menyimak tentang Menyimak Sekunder, sholawat dan salam
kami curahkan kepada nabi besar Muhammad SAW karena beliaulah satu – satunya
Nabi yang mampu mengubah dunia dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang
benderang.
Makalah ini disusun dengan maksimal dan
didapatkan dari buku dan website yang berkaitan dengan materi Menyimak sehingga
dapat memperlancar pembuatan makalah ini, Untuk itu saya menyampaikan banyak
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam membuat tugas
makalah ini.
Terlepas dari
semua itu, Saya menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kata
sempurna baik dari segi susunan kalimatmaupun tata bahasanya. Oleh karena itu
dengan tangan terbuka saya menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun
demi memperbaiki isi dari makalah ini agar kedepannya bisa diperbaiki.
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga makalah
ini bisa bermanfaat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada pembaca serta
ridho dari Allah SWT.
Tangerang,31 Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................................................ i
DAFTAR ISI............................................................................................................................ ii
BAB I
PENDAHULUAN........................................................................................................... 1
1.1
Latar belakang.......................................................................................................... 1
1.2
Rumusan masalah..................................................................................................... 2
1.3
Tujuan...................................................................................................................... 2
1.4
Manfaat penulisan.................................................................................................... 2
BAB 11
PEMBAHASAN........................................................................................................... 3
2.1
Pengertian menyimak sekunder............................................................................... 3
2.2
Ciri-ciri menyimak sekunder...................................................................................... 3
2.3
Tujuan menyimak sekunder...................................................................................... 4
2.4
Contoh menyimak sekunder..................................................................................... 4
BAB III
PENUTUP................................................................................................................... 6
3.1
Kesimpulan............................................................................................................... 6
3.2
Saran........................................................................................................................ 6
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................................. 7
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Manusia adalah makhluk sosial,
artinya manusia tidak dapat hidup sendiri, akan selalu membutuhkan orang lain.
Kodratnya manusia itu hidup bersama, bukan individu. Karena itu didalam
kehidupannaya, manusia selalu berinteraksi dan berkomunikasi itu tentunya .
pada umumnya melibatkan kegiatan berbicara dan mendengarkan. Namun masih sering
kali terjadi miskomunikasi dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Hal ini
dikarenakan dalam prosesnya hanya sekedar berbicara dan mendengarkannya saja,
mereka melupakan menyimak . Memang menyimak itu mndengarkan, tetapi menyimak
bukan sekedar mendengarkan, melainkan memahami dan menanggapi apa yang
dikatakan dan di sampaikan oleh si pembicara.
Oleh
karena itu, menyimak mempunyai peran penting dalam proses berkomunikasi di dalam
kehidupan sehari-hari. Kegiatan menyimak juga dapat menambah ilmu atau wawasan
yang belum dimiliki di antaranya melalui radio, tv, atau langsung dari
narasumber. Jadi menyimak memegang peran penting setelah itu barulah
keterampilan berbicara, membaca, dan menulis. Dalam proses belajar mengajar,
menyimak sering diabaikan karena tanpa diajarkan pun keterampilan ini
dilakukan. Sebenarnya apabila kita memahami konsep menyimak, apapun yang
dilakukan tampaknya selalu ada proses menyimaknya. Kenyataan ini terjadi
disegala sektor kehidupan. Melalui proses menyimaklah seseorang mengenal konsep
segala informasi baik berupa ilmu pengetahuan maupun hal-hal lain yang belum
kita kenal.
Karena
itu jugalah mengapa pembelajaran keterampilan berbahasa diajarkan untuk
keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama menyimak, yang memiliki persentase
paling banyak dalam berinteraksi dan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apa
Pengertian Menyimak Sekunder
2.
Apa
Ciri-ciri Menyimak Sekunder
3.
Apa
Tujuan Menyimak Sekunder
4.
Apa
Contoh Menyimak Sekunder
1.3
Tujuan
1.
Mengetahui
Pengertian Menyimak Sekunder
2.
Mengetahui
Ciri-ciri Menyimak Sekunder
3.
Mengetahui
Tujuan Menyimak Sekunder
4.
Mengetahui
Contoh Menyimak Sekunder
1.4
Manfaat Penulisan
Dengan adanya makalah ini kita
dapat meningkatkan cakrawala ilmu kita tentang ilmu Keterampilan Menyimak.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Menyimak sekunder
Menyimak
sekunder (secondary listening) adalah sejenis kegiatan menyimak secara
kebetulan , maksudnya menyimak dilakukan sambil mengerjakan sesuatu.
Menyimak
sekunder dapat pula memberi kesempatan dan kebebasan bagi para siswa mendengarkan
dan menyimak butir-butir kosa kata dan struktur-struktur yang masih asing atau
baru baginya yang terdapat dalam arus ajaran yang berbeda di dalam jangkauan
dan kapasitas untuk menanganinya.
Dalam hal ini, terdapat suatu keakraban yang tidak disadari terhadap
bentuk-bentuk yang dalam waktu singkat akan menjadi bahan pelajaran dan bahan
pengajaran dalam suatau pelajaran bahasaa
Tarigan
(1987;38) menyatakan bahwa “menyimak sekunder (secondary listening) adalah sejenis kegiatan menyimak secara
kebetulan (casual listening)dan secara ekstensif (extensive listening).”
Menyimak ini lebih bersifat umum tanpa ada bimbingan. Apa yang didengar oleh
penyimak bukan menjadi tujuan utama.
2.2
Ciri
ciri Menyimak Sekunder
Ciri-ciri
menyimak sekunder antara lain :
1.
Menyimak yang bersifat
bebas.
2.
Menyimak yang tidak memerlukan
konsentrasi tinggi.
3.
Menyimak yang hanya untuk menghibur diri
2.3
Tujuan Menyimak Sekunder
Secara
umum, terdapat delapan tujuan menyimak , yaitu untuk :
·
Belajar,menikmati,menilai,mengapresiasi,mengomunikasikan
ide-ide,membedakan bunyi,memecahkan masalah,dan meyakinkan (persuasif).
Tujuan
menyimak sekunder yaitu :
1.
Untuk menikmati serta menghargai sesuatu
yang disimaknya ( menghibur diri).
2.
Agar lebih efektif dalam hubungan antar
pribadi dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Untuk mencari sebuah inspirasi untuk
kegiatan yang dilakukan di samping menyimak.
2.4
Contoh Menyimak Sekunder
1.
Menyimak pada musik yang mengiringi
ritme-ritme atau tarian-tarian rakyat di sekolah dan pada acara-acara radio
yang terdengar sayup-sayup sementara kita menulis surat untuk seorang teman di
rumah.
2.
Sambil menikmati musik, kita ikut
berpartisipasi dalam kegiatan tertentu di sekolah seperti melukis, hasta karya
tanah liat, membuat sketsa, dan latihan menulis indah (Dawson [et all], 1963:
153; Tarigan, 1972:69).
3.
Adang sedang mencuci motor tanpa sadar
ia mendengar ibunya bercerita di teras dengan tetangganya.
4. Sambil
menikmati musik, kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan tertentu di sekolah
seperti melukis, hasta karya, tamah liat, membuat sketsa dan latihan menulis
indah.
5. Ana
sedang membaca dikamar, ia juga dapat mendengarkan percakapan orang lain ,suara
radio, suara televisi, dan sebagainya. Suara tersebut sempt terdengar oleh ani
, namun ani tidak merasa terganggu oleh suara-suara tersebut
BAB
III
PENUTUPAN
3.1
Kesimpulan
Dari paparan atau penjelasan di
atas, maka saya dapat menyimpulkan bahwa
1.
Meyimak
sekunder adalah sejenis kegiatan menyimak secara kebetulan
2.
Ciri-ciri
menyimak sekunder itu ada Menyimak yang bersifat bebas,tidak memerlukan
konsentrasi tinggi, dan bersifat menghibur diri
3.
Tujuan
menyimak sekunder yaitu Belajar ,menikmati, menilai, mengapresiasi,
mengomunikasikan ide-ide, membedakan bunyi, memecahkan masalah,dan meyakinkan
(persuasif).dan memiliki beberap contoh menyimak sekunder.
3.2
Saran
Menyadari bahwa saya masih jauh
dari kata sempurna, kedepannya saya akan lebih fokus dan detail, Dengan
selesainya penulisan makalah ini ditujukan untuk para mahasiswa dan masyarakat
luas pada umumnya untuk membaca makalah ini supaya menambah pengetahuan tentang
Menyimak Sekunder.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Tarigan,Henri
Guntur.1986.Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung:Penerbit
Angkasa
2.
http://ceritaku-apriyani.blogspot.co.id/2012/01/menyimak-sekunder.html?m=1
3.
http://pramuka-achank.blogspot.com/2009/05/jenis-jenis-menyimak.html?m=1
4.
http://mediabekawanan.blogspot.com/2013/03/makalah-bahasa-indonesia-keterampilan.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar